Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kadar Kolesterol

Faktor kolesterol

Banyak faktor yang bisa mempengaruhi kadar kolesterol seseorang. Ada dua kelompok hal yang mempengaruhi kadar kolesterol seseorang. Pertama adalah faktor yang dapat kita kendalikan dan kedua adalah faktor yang tidak dapat kita kendalikan.

Faktor-faktor yang dapat dikendalikan antara lain:

  1. Diet atau Pola Makan. Mengurangi konsumsi makanan-makanan yang mengandung kolesterol jahat akan berpengaruh terhadap kandungan kolesterol dalam darah. Kita bisa mengatur menu makanan kita dengan memperbanyak makanan sehat dan mengurangi konsumsi makanan dengan kadar kolesterol tinggi. Makanan sehat yang dianjurkan adalah memperbanyak buah dan sayur, karbohidrat kompleks seperti gandum dan beras merah, kacang-kacangan, dll
  2. Berat Badan. Kegemukan memperbesar resiko akan adanya serangan jantung. Kelebihan berat badan mempengaruhi kandungan kolesterol dalam darah, semakin tinggi berat badan makan kemungkinan kandungan kolesetrol jahat dan kandungan kolesterol total akan semakin tinggi. Dengan menurunkan berat badan ke level yang normal, diharapkan kandungan kolesterol baik juga akan meningkat.
  3. Aktivitas Fisik. Kurangnya aktivitas fisik meningkatkan resiko serangan jantung. Dengan olahraga teratur akan menurunkan kadar kolesterol jahat dan akan menaikan kadar kolesterol baik. Aktivitas fisik juga mempengaruhi berat badan. Semakin banyak aktivitas fisik, kemungkinan akan menurunkan berat badan juga sehingga mengurangi resiko serangan jantung. Disarankan untuk melakukan olahraga minimal 30 menit setiap hari. lakukanlah olah raga yang ringan seperti jogging, senam ringan, jalan, bersepeda, dll. Lakukan olahraga dengan cara yang menyenangkan.

Selain dipengaruhi oleh faktor-faktor yang bisa dikendalikan, kadar kolesterol dalam darah juga dipengaruhi oleh hal-hal diluar kendali kita, antara lain:

  1. Umur dan Jenis Kelamin. Semakin bertambah usia, baik laki-laki maupun perempuan, maka kadar kolesterolnya cenderung untuk bertambah. Untuk wanita, sebelum masa monopouse kadar kolesterolnya cenderung lebih rendah dibanding laki-laki dengan umur yang sama. Namun setelah monopouse, kadar kolesterol  wanita akan cenderung naik.
  2. Keturuan. Keturunan atau faktor gen mempengaruhi kadar kolesterol dalam darah. Faktor gen tersebut beprpengaruh pada berapa banyak tubuh akan memproduksi kolesterol. Tiap orang mempunyai kecenderungan yang berbeda-beda. Mungkin ada orang yang tidak menjaga pola makan, tapi kadar kolesterolnya tetap normal dibandingkan orang lain dengan umur dan jenis kelamin yang sama.

Kita akan berusaha dengan menjaga hal-hal yang bisa kita lakukan. Sedangkan penggunaan obat kolesterol kita lakukan setelah usaha dengan cara hidup sehat tidak bisa dilakukan.

Artikel Terkait

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>