Hidangan Lebaran Rendah Kolesterol

makanan-lebaran

 

Lebaran merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh umat islam setelah sebulan lamanya berpuasa. Banyak hal yang dilakukan umat islam dalam menyambut lebaran. Yang paling utama tentunya menyediakan hidangan istimewa buat hari yang istimewa. Berbagai makanan disiapkan untuk menyambut hari lebaran, baik berupa makanan cemilan maupun makanan besar.

Salah satu kebiasaan orang Indonesia dalam berlebaran adalah saling berkunjung ke tetangga, teman, sanak saudara, dll. Bahkan yang paling seru adalah ketika orang kota berkunjung ke sanak saudaranya di kampung, sehingga terkenal dengan istilah pulang kampung. Setiap rumah menyediakan makanan untuk para tamu yang akan datang berkunjung.

Bagi para penderita kolesterol tinggi, pada saat lebaran tentunya tidak bisa begitu saja memakan segala makanan yang ada. Harus tetap menjaga makanan sehat agar kadar kolesterol tetap terjaga. Berikut ini beberapa tips dalam memilih dan menghidangkan makanan lebaran yang aman untuk penderita kolesterol tinggi.

1. Cemilan

Cemilan atau makanan kecil merupakan menu wajib saat lebaran yang akan dihidangkan di ruang tamu. Untuk menghindari kolesterol, pilihlah cemilan-cemilan yang terbuat dari buah-buahan misalnya manisan mangga, manisan pala, manisan pepaya, dll. Kalau bentuknya keripik, pilihlah keripik dari buah-buahan yang diolah tanpa menggunakan minyak, tetapi diolah dengan cara dipanggang.

2. Kue-kuean

Sebagian kue-kuean terbuat dari tepung, telur, mentega dan gula. Agar aman bagi penderita kolesterol, tepung bisa diganti dengan oatmeal atau serealia, pemanfaatan telur hanya menggunakan putih telur saja sedangkan mentega bisa diganti dengan margarine dari minyak biji bunga kanola.

3. Sup Buah

Selain menyegarkan, smoothies ataupun sup buah yang terbuat dari buah-buahan ataupun yoghurt rendah lemak juga bermanfaat untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam darah karena kandungan multivitamin, mineral serta antioksidan dalam buah-buahan.

4. Kari atau Opor

Cari hidangan alternatif selain kare atau opor ayam yang menggunakan kuah kental. Daging ayam masih bisa dipergunakan asalkan kulit dan jeroan dibuang. Sup ayam ataupun bubur ayam bisa dipertimbangkan sebagai hidangan utama saat lebaran.

Selain menjaga makanan yang sehat, konsumsi obat kolesterol yang alami tetap dilakukan agar kadar kolesterol betul-betul terkontrol dengan baik. Dosis obat kolesterol menggunakan dosis untuk pencegahan.

Artikel Terkait

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>