Khasiat dan Manfaat Kayu Manis

Kayu manisTanaman herbal kayu manis  ini, ketinggiannya bisa mencapai 15 m, dan diameter batangnya mencapai 30 cm. Tanaman ini bisa tumbuh didaerah antara 1000 hingga 1500 meter diatas permukaan laut.  Tanaman herbal ini bisa ditemukan dihutan, dan biasanya daunnya rimbun. Tanaman ini banyak digunakan untuk menambah citarasa suatu masakan dan juga menambah aroma suatu makanan, dan juga sebagai bahan yabg diguna. Kayu manis ini termasuk golongan pohon penghasil rempah-rempah. Tanaman kayu manis ini termasuk bumbu tertua, bahkan sudah digunakan oleh bangsa mesir kuno sekitar 5000 tahun yang lalu.

pohon kayu manis

KANDUNGAN ZAT KAYU MANIS

Jika didasarkan pada uraian seorang ahli bernama Thomas dan Duethi, diketahui bahwa senyawa yang mendominasi kayu manis adalah minyak atsiri, safrole, eugenol, tannin, cinnamaladehyde, kalsium oksalat, zat penyemak, dammar dan masih banyak lagi lainnya. Jika didasarkan pada kada, maka senyawa Cinnamaldehyde-lah yang paling besar. Jumlahnya bahkan mencapai 70% dari berat total kayu manis.

Untuk memahami kadar kandungan kayu manis, berikut kami sajikan data lengkapnya. Sampel yang digunakan adalah jenis Cinnamomum burmanni, yakni kayu manis yang banyak dijumpai di Indonesia. Adapun kandungannya sebagai berikut:
Kadar air 7,90 %
Minyak atsiri 2,40 %
Alkohol ekstrak 10 – 12 %
Abu 3,55 %
Serat kasar 20,30 %
Karbohidrat 59,55 %
Lemak 2,20 %

KHASIAT DAN MANFAAT KAYU MANIS

  • Manfaat Kayu Manis Untuk Diet
    Kayu manis menyimpan manfaat sebagai rempah yang mampu melancarkan program diet. Kayu manis ini ternyata bisa juga membantu membatasi efek negatif dari berbagai asupan karbohidrat yang tinggi. Jadi untuk anda yang sedang diet, anda bisa mencampurkan kayu manis pada makanan anda.Ketika anda menyantap makanan anda dengan aneka karbohidrat yang tinggi, pada sat itu pula tubuh anda akan di pacu untuk menyimpan lemak. Ketika tubuh anda tidak menghasilkan cukup isulin untuk proses metabolisme dan membakar jumlah pati dan gua, kadar gula darah pun akan meningkat dan lemak pun akan semakin menumpuk. Dan yang pasti akibatnya tubuh akan menjadi gemuk. Manfaat kayu manis untuk diet lah yang kali ini berperan untuk memproduksi insulin yang lebih banyak untuk membantu proses metabiolisme dan pembakaran lemak.
  • Mengontrol Gula Darah
    Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kayu manis ternyata dapat mengatur kadar gula darah sehingga kayu manis merupakan makanan yang tepat untuk para penderita diabetes dan hypoglycemic. Kayu manis juga dapat menstabilkan suasana hati dan energi dalam tubuh.
  • Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat
    Kayu manis dapat mengurangi kadar kolestrol jahat (LDL). Selama ini, LDL dikenal berbahaya bagi tubuh karena bisa menyebabkan penyakit jantung, stroke dan obesitas. Dengan mengonsumsi kayu manis, Anda juga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Karena khasiatnya ini, maka kayu manis menjadi salah satu komponen obat kolesterol.
  • Anti Infeksi
    Kayu manis memiliki komponen anti-infeksi yang natural. Dalam beberapa penelitian, kayu manis terbukti efektif menghilangkan bakteri H. pylori yang dapat menyebabkan sakit maag, dan beberapa jenis penyakit lainnya yang disebabkan bakteri.
  • Meringankan Sakit pada Penderita Rematik
    Kayu manis dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh rematik. Dalam penelitian yang dilakukan di Department of Internal Medicine menunjukkan, kayu manis juga dapat mengurangi sitokin (protein-protein kecil sebagai mediator dan pengatur imunitas, inflamasi dan hematopoesis) yang dapat menyebabkan rematik.
  • Obat Serbaguna
    Kayu manis dapat dijadikan pengawet makanan yang alami, selain itu juga mengandung serat, kalsium, zat besi dan mangan yang terbukti efektif mengurangi nyeri saat haid atau melahirkan. Ia memiliki kandungan natural yang disebut cinnamaldehyde yang dapat menyeimbangkan hormon – meningkatkan hormon progesteron dan mengurangi hormon testosteron pada wanita.
  • Pengobatan Alzheimer
    Para peneliti di Cytokine Research Laboratory, Department of Experimental Therapeutics, University of Texas juga telah mengembangkan kayu manis sebagai salah satu rempah yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit neurodegenerative seperti Alzheimer, Parkinson, multiple sclerosis, tumor otak, dan meningitis. Penelitian di tempat yang sama juga menunjukkan bahwa kayu manis bisa mengurangi peradangan kronis terkait dengan gangguan neurologis.
  • Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker
    Penelitian di University of Texas menunjukkan bahwa kayu manis dapat mengurangi proliferasi sel kanker. Tidak hanya itu, kayu manis juga menjadi salah satu rempah yang dapat menyembuhkan kanker.

 

Artikel Terkait

This entry was posted in Obat Kolesterol, Tanaman Obat. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>