Ibadah Puasa Sehat

Alhamdulillah, sekitar tiga hari lagi menuju bulan suci ramadhan 1436 H, tepatnya hari kamis tanggal 18 Juni 2015. Mudah-mudahan kita semua telah mempersiapkan diri dengan berbagai macam persiapan AL:

  • Persiapan jasad, dengan menjaga kesehatan fisik kita. Lakukan olah raga rutin dan tak perlu terlalu berat. Misalnya jogging, jalan cepat, senam, bersepeda santai, dll.
  • Pesriapan Mal (harta). Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, Allah melipatgandakan pahala kebaikan pada bulan ini. Oleh karena itu, kita disunahkan untuk lebih banyak bersedekah pada bulan ini. Berbagai bentuk sedekah yang bisa kita lakukan antara lain: Memberi makan berbuka buat orang miskin, memberi santunan kepada anak yatim, memberikan hadiah kepada guru-guru kita, berinfak untuk pembangunan masjid, berinfak untuk pesantren, dll.
  • Persiapan Fikrah. Mereview kembali segala hal yang dianjurkan dan yang dilarang selama puasa. Memperhatikan hal-hal utama dalam berpuasa, rukun-rukun puasa, sunnah-sunah puasa, dll.
  • Persiapan ruh. Ini merupakan hal yang utama yang harus kita jaga baik sebelum, selama dan sesudah bulan ramadhan. Hal pertama yang harus dibenahi adalah membersihkan niat dalam hati agar bulan ramadhan ini menjadi sarana kita untuk meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah swt. Sebelum bulan ramadhan kita di sunnahkan untuk memperbanyak puasa sunnah. ┬áSelama bulan ramadhan diharapkan kita bisa menjaga hati dan seluruh anggota tubuh kita dari ssegala yang dilarang oleh Allah.

PUASA DAN KESEHATAN

Telah diakui oleh para ahli kesehatan bahwa puasa yang dilakukan dengan benar sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh manusia. Puasa memiliki fungsi sebagai berikut:

  1. Detoksifikasi. Metoda terbaik dalam detoksifikasi adalah dengan jalan berpuasa. Organ-organ tubuh khususnya yang berkaitan dengan sistem pencernaan untuk sementara istirahat dalam mencerna berbagai bahan makanan. Hal tersebut memberikan kesempatan kepada sistem pencernaan untuk mengolah bahan-bahan sisa yang selama ini terus menumpuk baik pada sistem pencernaan sendiri, pada aliran darah dan pada ssel-sel tubuh untuk diolah dan dikeluarkan dari dalam tubuh. Diantaranya adalah kolesterol jahat yang ada pada tubuh akan mengalamai penurunan.
  2. Diet Sehat. Puasa secara otomatis membuat pelakunya melakukan diet, yaitu mengurangi asupan kalori dalam tubuh dibanding hari-hari biasanya. Dengan pengurangan asupan kalori tersebut, tubuh secara otomatis akan mengolah penumpukan lemak yang terjadi akibat kelebihan kalori selama ini. Hal ini sangat baik terutama bagi orang-orang yang mengalami kelebihan berat badan.

Untuk mendapatkan manfaat puasa yang optimal baik secara lahir maupun batin, maka sebaiknya tetap menjaga hal-hal sebagai berikut:

  • Tetap melakukan olah raga secara rutin. Olah raga bisa dilakukan beberapa menit sebelum berbuka puasa.
  • Buka puasa secukupnya, tidak boleh terlalu kenyang.
  • Sahur dengan makanan yang cukup kandungan gizinya.
  • Memperbanyak ibadah sunnah seperti membaca dan menghayati alquran, sholat tahajud, dzikir pagi dan petang, dll.
  • Tidak begadang. Usahakan bisa tidur sebelum jam 9 malam dan bangun sebelum jam 4 pagi.
  • Tidak tidur lagi pada pagi hari.
  • Usahakan untuk bisa istirahat siang dengan tidur 15-30 menit setelah sholat dhuhur.
  • Bagi yang memiliki riwayat penyakit, tetap mengkonsumsi obat yang disarankan dokter.
  • Untuk menjaga kesehatan, meminum suplemen tambahan sangat dianjurkan.
  • Khusus untuk penderita kolesterol tinggi, tetap mengkonsumsi obat kolesterol herbal alami seperti obat kolesterol jamkho pada saat sebelum tidur dan setelah sahur.

Selamat menunaikan ibadah puasa, semoga ssetelah kita melakukan ibadah puasa dengan benar, kita akan kembali kepada fitrah kita baik secara lahir maupun batin. Sehat jasmani dan rohani, kuat fisik dan takwa hati.

Artikel Terkait

This entry was posted in Kolesterol. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>