Stress dan Kolesterol

Sudah umum diketahui bahwa stress menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan dari yang ringan sampai berat. Beberapa gangguan kesehatan yang disebabkan stress antara lain: maag, sakit kepala, darah tinggi, gangguan pencernaan, dll.

Stress dan kolesterol

Temuan terbaru juga diketahui bahwa stress ternyata bisa menyebabkan perubahan cara tubuh manusia dalam mengolah lemak. Perubahan ini menyebabkan terjadinya peningkatan kadar kolesterol jahat Low Density Lipoprotein (LDL) dalam tubuh. Penelitian para ahli di Spanyol menemukan, situasi stres dapat mempengaruhi cara tubuh memetabolisme lemak, yang berakhir pada melonjaknya kadar kolesterol LDL.

Sebelumnya sudah diketahui bahwa stress mempengaruhi kesehatan pembuluh darah dan jantung akibat pola hidup yang tidak baik akibat stress seperti merokok, pola makan yang tidak sehat, minuman beralkohol, kurang olahraga, dll.

Namun hasil studi baru ini menunjukkan bahwa stres dapat memicu dislipidemia, yaitu gangguan pengalihan kadar lemak dan lipoprotein dalam darah.

Penelitian yang dilakukan oleh Virgen de la Victoria Hospital di Malaga dan Santiago de Compostela University menemukan hubungan antara stress dan parameter-parameter lain yang menunjukan hubungan dengan cara tubuh memetabolisme lemak.

Dari hasil penelitian tersebut diketahui bahwa orang yang mengalami tekanan dalam pekerjaannya mengalami dislipidemia.

Dislipidemia mengakibatkan peningkatan kolesterol total dan kadar kolesterol “jahat”  dan trigliserida. Selain itu juga mengakibatkan penurunan kadar kolesterol “baik”. Studi menemukan risiko displidemia lebih ditemukan pada mereka yang stres bekerja.

Tingginya kadar kolesterol “jahat” dan trigliserida, serta rendahnya kadar kolesterol “baik” meningkatkan risiko membentuk plak pada pembuluh arteri sehingga memicu pengerasan arteri. Pengerasan arteri meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

 

Artikel Terkait

This entry was posted in Kolesterol. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>