HDL Si Kolesterol Baik

Ada tiga kadar kolesterol yang diukur pada saat kita melakukan pemeriksaan darah di laboratorium. Ketiga kolesterol tersebut adalah kadar HDL, kadar LDL dan kadar kolesterol total.

Kolesterol HDL (High Density Lipoprotein) merupakan kolesterol dalam darah yang memiliki fungsi yang baik buat tubuh. HDL mampu mengangkut dan membersihkan plak-plak pada pemmbuluh darah yang disebabkan oleh reaksi kolesterol LDL dengan zat lemak yang lain. Semakin tinggi kadar HDL dalam darah semakin kecil resiko terkena penyakit jantung.

HDL

Beberapa fakta tentang Kolesterol HDL

  1. Kolesterol HDL dalam tubuh berkisar antara 20-30% dari nilai kolesterol total.
  2. Kolesterol HDL terbukti berperan dalam mencegah terjadinya plak pada pembuluh darah.
  3. Dengan menurunnya kadar kolesterol HDL sebanyak 5% dalam darah, akan meningkatkan resika penyakit jantung sebesar 25%.
  4. Faktor keturunan berperan dalam mempengaruhi kadar kolesterol dalam darah seseorang.
  5. Dalam suatu penelitian dengan cara mengamati beberapa orang dalam jangka waktu tertentu untuk mengamati adanya serangan penyakit jantung atau kematian akibat penyakit jantung, terbukti bahwa kadar HDL dalam darah sangat mempengaruhi terhadap resiko penyakit jantung.
  6. Perempuan memiliki kadar kolesterol HDL yang lebih tinggi dibandingkan dengan laki-laki. Sekitar 1/3 laki-laki dan 1/5 perempuan memiliki kadar kolesterol HDL kurang dari 40 mg/dL. Para ahli bersepakat bahwa kadar HDL minimal yang aman adalah 40 mg/dL.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kadar kolesterol HDL dalam darah, antara lain:

  • Olahraga Aerobik. Lakukan olahraga aerobik, yaitu lari, senam, renang, bersepeda, jalan cepat, minimal 5x dalam seminggu dengan durasi minimal 30 menit.
  • Menjaga Berat Badan. Berat badan yang berlebih menjadi faktor berkurangnya kadar HDL dalam darah. Setiap penurunan berat badan sebesar 3 kg, meningkatkan kadar HDL sebesar 1 mg/dL.
  • Jangan Merokok.¬†Seorang perokok memiliki resiko penyakit jantung yang lebih besar dibanding yang bukan perokok. Ketika anda berhenti merokok, akan meningkatkan kadar HDL 15-20% dalam darah. Sudah bisa dipastikan bahwa seorang perokok akan memiliki kadar HDL yang lebih rendah.
  • Lakukan Diet Sehat.¬†Hindari makanan-makanan yang mengandung kolesterol jahat dengan kadar tinggi (lihat tabel) dan konsumsilah makanan-makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan makanan yang bisa meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).
  • Minum Obat Kolesterol.¬†Setelah melakukan pola hidup sehat, selanjutnya konsumsilah obat kolesterol yang baik, yaitu obat kolesterol yang aman dan tidak memiliki efek samping walaupun dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Obat kolesterol seperti ini biasanya terbuat dari bahan-bahan herbal yang alami, seperti Obat Kolesterol Jamkho.

 

Artikel Terkait

This entry was posted in Kolesterol. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>