Jeruk Nipis Menghambat Produksi Kolesterol

Jeruk Nipis

Jeruk Nipis lebih banyak dikonsumsi sebagai campuran minuman maupun digunakan dalam masakan. Kalau dimakan secara langsung rasanya asam. Namun demikian jeruk nipis mempunyai banyak manfaat karena banyak mengandung flavonoid yang dapat berfungsi menghambat pembentukan lemak tak jenuh atau kolesterol jahat (LDL) sehingga dapat dijadikan sebagai obat kolesterol. Dengan demikian berfungsi juga untuk mencegah penyakit jantung koroner, darah tinggi dan stroke.

Untuk meminumnya, jeruk nipis cukup diiris-iris kecil kemudian dimasukan ke dalam gelas. Kemudian dituang dengan air panas. Agar rasanya tidak terlalu asam, bisa ditambahkan gula atau madu.

Khasiat lain dari jeruk nipis antara lain:

  1. Untuk Menambah Stamina. Satu buah jeruk nipis diperas diambil airnya. Tambahkan satu butir kuning telur ayam kampung. Tambahkan madu secukupnya. Diminum satu kali dalam seminggu.
  2. Untuk Melangsingkan Badan. Air perasan satu buah jeruk nipis dicampurkan ke dalam satu gelas minuman teh hijau. Campurkan gula agar rasanya lebih nikmat. Minum setiap hari pagi dan sore.
  3. Jeruk nipis untuk sakit gigi. Satu sendok makan perasan jeruk nipis, dicampur dengan satu sendok makan  gilingan akar kecubung dan satu sendok makan gilingan legetan warak. Tambahkan 3/4 cangkir air garam ke dalamnya, lalu aduk sampai rata. Peras dan saring ramuan tersebut. Air ramuannya digunakan untuk berkumur. Lakukan sebanyak 4-6 kali dalam sehari.
  4. Jeruk nipis untuk pegal linu. Bahan-bahan: 1/3 genggam daun jeruk nipis, 1/3 genggam daun ketepeng cina, 1/3 genggam daun sambiloto, 10 lembar daun sirih, 2 jari akar kelor, 2 jari akar kepayang, 10 lembar daun sirih, 10 buah cabe rawit. Pembuatan: Semua bahan ditumbuk sampai halus kemudian rendam ramuan dalam lakohol selama 7 hari. Lalu peras dan saring. Air perasan tersebut digunkan untuk menggosok bagian yang pegal dan linu.
  5. Jeruk nipis untuk ambeien. Untuk mengobati ambeien digunakan akar pojhon jeruk nipis. Akar pohon jeruk nipis sebanyak 10 gram dicuci dan dibersihkan, lalu direbus menggunakan 1 liter air kurang lebih selama 1/2 jam. saring air rebusannya dan diminum dalam kondisi hangat sehari 3 kali.
  6. Jeruk nipis untuk amandel. Kulit 3 jeruk nipis dicuci, dipotong-potong, lalu direbus dengan 2 gelas air hingga airnya tersisa 3/4, saring. Air tersebut dipakai untuk berkumur-kumur. Lakukan 3-4 kali sehari.
  7. Jeruk nipis untuk batuk. Satu jeruk nipis dicuci, diperas, dicampur dengan 1 _ sendok makan madu dan sedikit garam, aduk hingga rata lalu disaring. Diminum 2-3 kali sehari. Atau perasan jeruk nipis ditambah sepotong gula batu lalu diaduk hingga rata, diminum 1 kali sehari sampai sembuh.
  8. Jeruk nipis untuk Batu Ginjal. Dua butir perasan jeruk nipis kampung diencerkan dengan 2 gelas air hangat, minum setelah makan malam. Lakukan tiap hari selama 10 hari.

Artikel Terkait

This entry was posted in Makanan Sehat. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>