Tomat Sebagai Obat Kolesterol

Buah TomatSelama ini buah tomat diketahui banyak orang sebagai sumber vitamin C. Namun sebenarnya tomat sangat kaya dengan kandungan-kandungan zat yang sngat bermanfaat buat kesehatan tubuh manusia. Salah satu khasiatnya, sebagaimana disebutkan dalam laporan penelitian dalam jurnal Maturitas adalah sebagai penurun kadar kolesterol yang cukup bagus, khususnya tomat yang sudah di masak. Tomat yang sudah dimasak lebih mudah diserap kandungan zatnya dibandingkan tomat yang masih mentah.

Bahkan disebutkan bahwa tomat mempunyai khasiat sebanding dengan obat kimia statin yang banyak digunakan orang sebagai obat penurun kolesterol. Obat tersebut juga digunakan untuk mengobati penderita gangguan jantung.

Kandungan tomat yang utama yang sangat bermanfaat buat kesehatan tubuh manusaia adalah lekopen. Zat lekopen inilah yang memberikan warna merah kepada tomat. Zat lekopen bekhasiat dalam mengurangi resiko stroke dan serangan jantung. Selain lekopen, tomat juga mengandung banyak kalium dan vitamin B yang sangat berperan dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Tomat juga memiliki beberapa khasiat lain, diantaranya:

  1. Tomat sebagai sumber serat yang sangat baik untuk pencernaan. Untuk menjaga kesehatan pencernaan, tomat bisa menjadi salah satu pilihan untuk dikonsumsi.
  2. Tomat sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan lekopen dalam tomat turut berperan membantu mencegah kerusakan jaringan kulit yang ditimbulkan oleh sinar ultraviolet yang berasal dari sinar matahari
  3. Tomat sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang karena adanya kandungan vitamin K pada tomat.
  4. Tomat cukup efektif mencegah terjadinya kanker yang mungkin terjadi pada lambung, tenggorokan, usus dan ovarium. Hal ini karena tomat mengandung zat lekopen.
  5. Tomat berperan dalam pencegahan penyakit diabetes. Kandungan zat kromium dalam tomat berperan dalam menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh manusia agar tetap seimbang dan dalam batas normal
  6. Kandungan Vitamin A dalam tomat berperan dalam menjaga kesehatan mata. Dengan demikian tingkat ketajaman penglihatan terhadap benda disekitarnya tetap terjaga.
  7. Tomat juga membantu menjaga tingkat kesuburan rambut karena adanya kandungan vitamin A.

Disarankan selama minum obat kolesterol jamkho, dapat memperbanyak konsumsi tomat untuk membantu penurunan kadar kolesterol jahat.

Artikel Terkait

This entry was posted in Makanan Sehat. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>