Buah Menkudu

Buah mengkuduBuah mengkudu menjadi salah satu komponen Obat Kolesterol Jamkho. Secara kasat mata, buah mengkudu memiliki bentuk yang tidak enak dipandang. Seluruh permukaannya dipenuhi oleh bulatan-bulatan hitam menyerupai mata. Warna buahnya yang masih muda berwarna hijau dan setelah tua menjadi berwarna kekuningan. Di seluruh bagian dalamnya tersebar merata biji mengkudu berwarna hitam kecuali bagian tengahnya.

Buah mengkudu1Beberapa daerah memiliki nama berbeda-beda untuk menyebut buah mengkudu ini. Di daerah sunda orang meyebutnya cangkudu, sedangkan orang jawa menyebutnya pace, kemudu atau kudu. Di daerah aceh disebut dengan nama keumeudee sedangkan orang madura biasa menyebutnya kodhuk. Orang bali menyebutnya dengan sebutan tibah.

Zat-zat utama mengkudu

– Mengkudu memiliki keistimewaan yaitu dia memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap. Zat-zat tersebut adalah protein, berbagai macam vitamin dan juga mengandung banyak mineral. salah satunya adalah selenium yang merupakan zat anti oksiden yang sangat baik. Senyawa-senyawa lain yang terkandung dalam mengkudu antara lain:  xeronine, plant sterois,alizarin, lycine, sosium, caprylic acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium, dll.

– Terpenoid, yaitu zat yang berfungsi membantu proses sintesis organik dan berfungsi dalam peremajaan sel-sel.

– Mengkudu juga mengandung zat-zat anti bakteri sehingga mengkudu berfungsi juga sebagai anti infeksi

– Mengkudu mengandung zat scolopetin yang berfungsi sebagai anti peradangan dan anti alergi.

– Zat anti kanker. Zat-zat anti kanker yang terdapat pada mengkudu paling efektif melawan sel-sel abnormal.

– Xeronine dan Proxeronine. Salah satu alkaloid penting yang terdapt di dalam buah mengkudu adalah xeronine. Buah mengkudu hanya mengandung sedikit xeronine, tapi banyak mengandung bahan pembentuk (precursor) xeronine alias proxeronine dalam jumlah besar. Proxeronine adalah sejenis asam nukleat seperti koloid-koloid lainnya. Xeronine diserap sel-sel tubuh untuk mengaktifkan protein-protein yang tidak aktif, mengatur struktur dan bentuk sel yang aktif.

Mengkudu Untuk Pengobatan

Berdasarkan penelitian dari kandungan didalam buah mengkudu, Buah yang satu ini sangat kaya akan manfaat. Berikut beberapa Manfaat buah mengkudu Bagi Kesehatan :

  • Memperlancar peredaran darah serta memperlebar saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan dengan zat scopoletin yang terkandung didalam buah mengkudu. Sehingga sangat baik dijadikan bahan baku obat kolesterol. Zat ini juga dapat membunuh beberapa varian bakteri , serta bersifat sebagai anti alergi.
  • Mematikan bakteri penyebab infeksi dan juga sebagai pengotrol bakteri pathogen melalui zat anti bakteri yang terkandung didalamnya.
  • Buah mengukudu juga terbukti dapat melawan penyakit kanker atau sel-sel abnormal melalui zat anti kanker yang terkandung didalam buah tersebut.
  • Dapat Menjadi Zat Pencegah Kanker dan Tumor.
  • Dapat membantu peningkatan daya tahan tubuh.
  • Mengkudu bisa membantu mengurangi rasa sakit.
  • Mengatasi Peradangan dan Alergi
  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat Mengkudu untuk Kecantikan antara lain :

  •     Memberantas ketombe.
  •     Mencegah rambut rontok.
  •     Menghilangkan sisik kulit.

Khasiat Lainnya Untuk Buah Mengkudu :
Mengkudu memiliki khasiat-khasiat lain yang belum dibuktikan secara medis, namun secara empiris telah banyak orang yang mengalami perbaikan dan peningkatan kesehatan setelah mengonsumsi sari buahnya. Beberapa problem kesehatan yang dapat diatasi dengan menggunakan Mengkudu:

  • Sistem pencernaan: Perut kembung, luka pada usus halus, radang lambung, muntah-muntah dan keracunan makanan.
  • Sistem pernapasan: Batuk, bronchitis, sakit tenggorokan, TBC, kolera, demam pada bayi, sinusitis, asma.
  • Sistem kardiovaskular: Kolesterol tinggi, penebalan otot jantung, meningkatkan transportasi oksigen di dalam sel.
  • Penyakit kulit: Luka bakar, luka, kudis, bisul, selulit, cacing kulit, ketombe, kurap, dan radang pada kulit, borok pada kulit, serta masalah-masalah pada kulit lainnya.
  • Mulut dan tenggorokan: Radang tenggorokan, gusi berdarah, batuk, sariawan, sakit gigi.
  • Gangguan menstruasi: Sindrom pra-menstruasi, siklus haid yang tidak teratur, nyeri pada waktu haid.
  • Awet muda: Sari buah Mengkudu dapat digunakan sebagai tonik untuk mengatasi keriput akibat proses penuaan.
  • Penyakit-penyakit dalam tubuh: Diabetes, hepatitis kronis, sakit pinggul, sakit kepala, gangguan fungsi ginjal, kencing batu, gangguan pada hormon tiroid.
  • Defisiensi daya tahan tubuh: Penyakit virus Epstein-Barr, candidiasis kronis, penyakit akibat infeksi virus HIV, kekurangan tenaga (AES=altered energy syndrome).

 

 

Artikel Terkait

This entry was posted in Tanaman Obat. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>