Alpukat Penurun Kolesterol

Buah alpukat

Untuk menjaga agar kadar kolesterol dalam darah tetap normal, selain minum obat kolesterol, disarankan untuk memakan banyak buah-buahan yang baik untuk membantu menurunkan kolesterol. Salah satunya adalah buah alpukat.

Mungkin anda ragu-ragu ketika hendak mengkonsumsi juice alpukat karena ada anggapan bahwa alpukat mengandung kolesterol. Hal tersebut tidak salah, karena alpukat memang mengandung kolesterol atau lemak. Tapi kandungan kolesterol dalam alpukat adalah kolesterol baik atau biasa disebut HDL. kandungan lemak aplpukat sekitar 16%.

Mengonsumsi alpukat justru akan membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang sangat buruk bagi kesehatan. Lemak tak jenuh pada alpukat berfungsi sebagai antioksidan yang berkhasiat menjaga pebuluh darah kita dari kerusakan arteri akibat penumpukan kolesterol LDL (low density lipoprotein).

Selain sebagai buah penurun kolesterol, alpukat juga sangat baik bagi penderita diabetes karena mengandung banyak omega-9 dan serat. Omega-9 dan serat ini berkhasiat menjaga kadar gula darah dalam tubuh kita.

Jika anda membuat juice alpukat, sangat dianjurkan anda tidak menambahkan gula ke dalamnya. Sebagai pengganti gula, anda bisa menggunakan madu untuk pemanis. Selain rasanya enak, madu juga sangat membantu untuk menjaga kesehatan.

Manfaat lain alpukat anatar lain:

  1. Salah satu buah yang sangat dianjurkan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan organ jantung anda. Ini dikarenakan, buah alpukat mengandung sumber asam oleat tak jenuh tunggal, vitamin E, folat, kalium, pitosterol serta sumber serat penting. Semua nutrisi tersebut berperan besar terhadap kesehatan jantung yang terus meningkat.
  2. Alpukat juga menjadi nutrisi yang sangat lengkap untuk kulit anda. Ini dikarenakan, alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal, asam lemak omega 9, sumber antioksidan, vitamin E, vitamin C serta kolagen. Semua nutrisi tersebut membantu menyehatkan kulit anda dari waktu ke waktu.
  3. Sangat Baik Untuk Program Penurunan Berat Badan. Ini dikarenakan, dengan mengkonsumsi buah alpukat akan membuat kondisi perut berada dalam keadaan kenyang yang lebih lama. Secara otomatis pula akan menekan nafsu makan berlebih yang anda miliki.
  4. Bermanfaat Luar Biasa Untuk Mencegah Diabetes. Ini dikarenakan, kandungan lemak tak jenuh tunggal dan kalium dalam buah alpukat dapat meningkatkan fungsi kerja hormon insulin dan menetralkan kadar glukosa dalam darah anda.
  5. Berperan Besar Untuk Mengurangi Peradangan Pada Sendi Anda. Ini dikarenakan, buah alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal, vitamin E, vitamin C serta pitosterol yang membantu mengurangi berbagai jenis peradangan pada tubuh anda.
  6. Meningkatkan Fungsi Imun Atau Kekebalan Pada Tubuh Anda. Ini dikarenakan, buah alpukat merupakan sumber vitamin C. Vitamin C akan membuat tubuh seseorang tidak mudah terserang penyakit musiman atau perubahan cuaca yang tidak menentu.
  7. Pencegah Stroke Yang Cukup Efektif. Ini dikarenakan, buah alpukat mengandung vitamin E yang berfungsi menurunkan oksidasi koleterol yang akan menghindarkan seseorang terkena stroke yang mematikan tersebut.

Artikel Terkait

This entry was posted in Makanan Sehat. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>