Tanaman Obat Pegagan

PegaganPegagan menjadi salah satu komponen dari obat kolesterol JAMKHO. Pegagan merupakan tanaman obat yang banyak digunakan orang untuk mengobati berbagai macam penyakit. Fungsi utama kandungan pada pegagan adalah untuk membersihkan darah, melancarkan peredaran darah, peluruh kencing (diuretika), penurun panas (antipiretika), menghentikan pendarahan (haemostatika), meningkatkan syaraf memori, anti bakteri, tonik, antispasma, antiinflamasi, hipotensif, insektisida, antialergi dan stimulan. Saponin yang ada menghambat produksi jaringan bekas luka yang berlebihan (menghambat terjadinya keloid).

Manfaat pegagan lainnya yaitu meningkatkan sirkulasi darah pada lengan dan kaki; mencegah varises dan salah urat; meningkatkan daya ingat, mental, dan stamina tubuh; serta menurunkan gejala stres dan depresi. Pegagan pada penelitian di RSU Dr. Soetomo Surabaya dapat dipakai untuk menurunkan tekanan darah, penurunan tidak drastis, jadi cocok untuk penderita usia lanjut.

Pegagan memiliki berbagai macam nama daerah. Di daerah sunda disebut dengan antanan, di daerah aceh disebut dengan peugaga, sedangkan daerah jawa menamainya coek-cowekan, pane goang, rendeng atau agan-agan. Daerah indramayu dan cirebon menyebutnya dengan semanggen. Disebut pegaga di makasar dan daun tungke di bugis.

Zat yang terdapat dalam daun pegagan antara lain:  asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahmic acid, brahminoside, madasiatic acid, meso-inositol, centelloside, carotenoids, hydrocotylin, vellarine, tanin serta garam mineral seperti kalium, natrium, magnesium, kalsium dan besi. Diduga glikosida triterpenoida yang disebut asiaticoside merupakan antilepra dan penyembuh luka yang sangat luar biasa. Zat vellarine yang ada memberikan rasa pahit.

Daun pegagan bersama tanaman obat yang lain juga dapat dijadikan sebagai obat untuk beberapa penyakit antara lain:

1. Daun pegagan untuk mengobati Typus

Bahan-bahan yang dibutuhkan: 1 genggam daun pegagan, setengah genggam daun jintan dan 5 batang tapak liman.

Cara pembuatan: Semua bahan tersebut dicuci dengan bersih kemudian direbus dengan 3 gelas air sampai airnya tinggal satu gelas. kemudian disaring dan airnya bisa diminum dengan cara dicampur dengan madu.

2.  Daun pegagan sebagai obat maag dan kembung

Bahan-bahan yang dibutuhkan: 5 gr pegagan, 1 gr pupus pepaya, 7 gr adas, 3 gr jinten, 5 gr kencur, 5 gr sembung, 6 gram daun pooh, 5 gram pulosari, 2 gram ketumbar, 10 gram falerian.

Cara pembuatan: Semua bahan tersebut di atas direbus dengan 3 gelas air (600 ml) sehingga airnya tinggal setengahnya. Air tersebut diminum sebagai obat maag dan kembung.

 

Artikel Terkait

This entry was posted in Tanaman Obat. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>